Article Information

3 Tips Capai Body Goals di Bulan Ramadan

by Admin Ionwater

on 15 Apr 2023

3 Tips Capai Body Goals di Bulan Ramadan

Selain untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan teman-teman, Idul Fitri juga sering menjadi momen untuk tetap fit dan tampil menarik. Maka dari itu, banyak orang yang menjadikan puasa Ramadan sebagai kesempatan untuk menurunkan berat badan. Sayangnya, banyak yang masih belum tahu cara menyeimbangkan asupan kalori dan puasa sehingga berat badan malah cenderung naik setelah Ramadan. Apakah kamu salah satunya? Yuk perhatikan 3 hal berikut agar tetap stay in shape Lebaran ini!

 

1. Pola makan

Asupan kalori yang berkurang terlalu drastis saat berpuasa dapat mengganggu ibadah puasa itu sendiri, lho, karena dapat membuat kamu lemas atau sakit. Selain itu, makan saat terlalu lapar bisa membuatmu makan lebih banyak dan menyebabkan berat badan malah bertambah. Agar tetap stay in shape tanpa mengganggu puasa, pastikan pola makanmu benar dan cukup ya!

 

Caranya adalah dengan tetap memenuhi kebutuhan kalori harian (kebutuhan energi 2150 kkal), tapi dengan pembagian sebagai berikut:

 

● Sahur dengan kalori sebesar 30-40% (±650 – 850 kkal)

 

● Berbuka dengan kalori sebesar 40-50% (±850 – 1100 kkal)

 

● Camilan 10-20% (200 – 450 kkal) dari kebutuhan energi

 

Pastikan juga makanan yang kamu konsumsi mengandung zat gizi seimbang yang terdiri dari sumber karbohidrat kompleks (nasi merah, kentang, gandum), sumber protein (daging sapi, daging unggas, ikan, olahan kedelai), sayur, dan buah. Jangan lupa untuk makan dengan perlahan untuk menghindari rasa tidak nyaman pada perut, ya!

 

2. Pola hidrasi

Kamu pasti sudah tahu kan, kalau dehidrasi juga bisa membuatmu lemas? Faktanya, konsumsi cairan orang Indonesia selama bulan Ramadan lebih sedikit dari jumlah yang dianjurkan yaitu 2L per hari. Pastikan kamu selalu memenuhi kebutuhan cairan yang cukup antara waktu berbuka hingga sahur. Kamu juga bisa mendapatkan asupan cairan dari buah dan sayur yang tinggi kadar airnya seperti semangka, timun, dan tomat. Nah, saat berbuka puasa, pilih minuman rendah kalori yang memenuhi kebutuhan hidrasimu namun tetap menjaga asupan kalori harian. Contohnya seperti ION Water, minuman ION yang rendah kalori.

 

3. Olahraga

Nah, yang satu ini sering dilupakan saat berpuasa karena takut haus dan lemas. Padahal, olahraga rutin sangat bermanfaat untuk menjaga maupun menurunkan berat badan. Bagaimana caranya agar kita tetap dapat melakukannya di bulan puasa ini? Kita bisa mengaturnya baik secara waktu, intensitas, maupun durasi. Pertama, lakukan olahraga tepat sebelum berbuka puasa atau 2-3 jam setelahnya. Kedua, pilih jenis olahraga dengan intensitas ringan-sedang, seperti yoga, stretching, jalan cepat, atau latihan fisik tanpa beban. Ketiga, mulailah berolahraga dengan durasi yang pendek kemudian tambah durasi dan intensitas secara perlahan. Dengan memperhatikan tiga hal ini, kamu bisa olahraga untuk menurunkan berat badan tanpa mengorbankan ibadah deh!

 

Untuk mendukung puasa dengan gaya hidup sehatmu, jangan lupa minum ION Water saat berbuka puasa dan juga saat berolahraga. ION Water, minuman ION yang rendah kalori, dapat mengembalikan cairan tubuh dengan lebih cepat serta menjaga asupan kalori harian agar hasil olahraga tidak sia-sia, sehingga puasa dan hidup sehat pun jadi lebih lancar. Sudah siap tampil lebih menarik saat Lebaran?

Baca Juga

5 Cara Tetap Aktif Selama Berpuasa Di Rumah

Berpuasa selama masa social distancing memang mengharuskan kita untuk menghabiskan sebagian besar waktu #DiRumahAja. Tapi bukan berarti kita tidak bi

By Admin Ionwater On 28 Dec

Pentingnya Menjaga Hidrasi Di Kala Pandemi

Merebaknya virus Corona belakangan ini tentunya meresahkan kita semua karena sudah terbukti dapat menyerang siapa saja. Banyaknya berita simpang siur

By Admin Ionwater On 26 Jan

Gaya Hidup Aktif dan Rendah Kalori Ala Nycta Gina

Siapa yang tidak kenal Nycta Gina? Lebih dari satu dekade berkecimpung di dunia hiburan tanah air, kita mengenal Gina, begitu panggilan akrabn

By Admin Ionwater On 27 Jan