ARTIKEL

Rutinitas Pola Hidup Sehat untuk Mengawali Hari

Menjalani pola hidup sehat bisa dilakukan semenjak kita beranjak dari tempat tidur pada pagi hari. Minum cukup cairan, sarapan, hingga melakukan olahraga adalah aktivitas-aktivitas menyehatkan yang sebenarnya tak sulit untuk dilakukan.

Kita hanya perlu menjadikannya sebagai kebiasaan sebelum menikmati manfaatnya kelak. Maka dari itu, yuk kita bahas satu persatu aktivitas untuk menunjang pola hidup sehat di pagi hari.

Sarapan Sehat Satu Jam Setelah Bangun Tidur

Pola hidup sehat erat kaitannya dengan pola makan, termasuk jadwal makan yang tepat. Hal ini juga berlaku untuk sarapan. Sebaiknya sarapan dilakukan maksimal satu jam setelah bangun tidur. Kita akan makan secara berlebihan jika tidak mendapat asupan energi 1 jam setelah memulai kegiatan sehari-hari.

Pilih menu makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, serta lemak baik, ditambah sayuran atau buah-buahan segar.

Olahraga Pagi

Aktivitas selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menempuh pola hidup sehat ialah melakukan olahraga pagi. Tidak perlu olahraga yang berat, tapi kita bisa memulainya dengan melakukan jogging, plank, atau squat. Kita juga bisa melakukannya secara bervariasi setiap hari untuk menghindari kebosanan.

Menyiapkan Bekal Makan Siang

Tak ada salahnya menyisihkan waktu di pagi hari untuk menyiapkan bekal makan siang, apabila Anda merupakan seorang pekerja kantoran.
Dengan begitu Anda tidak harus jajan di luar yang artinya Anda memakan yang kualitas nutrisi dan kesehatannya sudah terjamin.

Awalnya, mungkin memang butuh usaha untuk menjadikan aktivitas-aktivitas di atas menjadi Pola hidup sehat. Namun, apabila sudah terbiasa Anda akan merasakan manfaatnya sendiri dan justru enggan untuk meninggalkannya.