ARTIKEL

Minuman Rendah Kalori Sebagai Persiapan Jalani Yoga

Sebelum menjalani yoga, ada sejumlah persiapan yang sebaiknya dilakukan. Tak terkecuali memilih asupan hidrasi terbaik. Untuk hal yang satu ini minuman rendah kalori bisa menjadi pilihan. Lalu, apa lagi ya persiapannya? Yuk, kita bahas bersama.

Sudah bukan rahasia lagi yoga membawa banyak manfaat bagi tubuh. Tak sedikit mereka yang menjalani yoga memperoleh ketenangan pikiran, melalui gerakan meditasi. Bersamaan dengan hal itu, gerakan-gerakan yoga juga bisa meningkatkan kekuatan dan keseimbangan tubuh.¹

Dengan segala manfaatnya, tak aneh bila yoga banyak diminati saat ini. Yoga sudah menjadi bagian dari gaya hidup kaum urban. Seiring berjalannya waktu, peminatnya juga makin bertambah. Namun, buat mereka yang baru hendak memulai yoga, sebaiknya tak menyepelekan persiapannya.

Salah satu persiapan penting sebelum menjalani yoga ialah tubuh yang terhidrasi dengan baik alias tidak kekurangan cairan (1). Penting juga diingat untuk menghindari minuman berkafein sebelum menjalani yoga, mengingat kafein memiliki efek stimulan yang bisa meningkatkan denyut jantung. Riset menunjukkan konsumsi 360 mg kafein atau setara dengan 3.5 cangkir kopi seduh (brewed) secara signifikan dapat meningkatkan denyut jantung.²

Minuman rendah kalori seperti Ion Water dari Pocari Sweat dapat dipilih untuk bantu penuhi kebutuhan cairan tubuh mu sebelum yoga. Komposisi cairan dan ion-nya mirip seperti komposisi cairan tubuh kita sehingga dapat menghidrasi tubuh dengan optimal. Selain itu kandungannya yang rendah kalori,membuat ION WATER juga cocok buat mereka yang tengah menjaga asupan kalori nya, seperti sedang mengincar berat badan ideal.

Selain itu, yang perlu diperhatikan ialah waktu makan, ada baiknya kita makan berat 2 jam sebelum yoga. Menu makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks, protein, dan lemak tidak jenuh (lemak baik) seperti buah pisang, chicken sandwich, kacang-kacangan, kedelai, soy-bar bisa menjadi pilihan.³ Sebaliknya, hindari makanan yang terlalu berminyak atau digoreng, terlalu pedas, terlalu asin, atau terlalu manis.4

Mempersiapkan diri dengan minuman rendah kalori sudah, makan juga sudah. Persiapan selanjutnya, jangan lupa peralatan yang diperlukan, paling umum adalah matras dan handuk. Apabila perlu bawa handuk ekstra untuk mandi setelah kelas usai.
Lalu, pakaian yoga yang fleksibel dan menyerap keringat juga sangat disarankan agar nyaman menjalani yoga. Terakhir, pahami etika atau peraturan yang berlaku di kelas yang akan diikuti.

  1. Polsgrove, M. Jay, Brandon M. Eggleston, and Roch J. Lockyer. “Impact of 10-weeks of yoga practice on flexibility and balance of college athletes.” International journal of yoga 9.1 (2016): 27.
  2. Hartney, E. ”Effects of Caffeine on The Body”. https://www.verywellmind.com/effects-of-caffeine-on-the-body-21841 (accessed on 20 Sep 2018)
  3. Zelman, KS. “What to Eat Before, During, and After Exercise”. https://www.webmd.com/diet/features/what-eat-before-during-after-exercise#1 (accessed on 26 Sep 2018)
  4. “What should I eat before a yoga class?”. https://www.babycentre.co.uk/x1033250/what-should-i-eat-before-a-yoga-class (accessed on 26 Sep 2018)