ARTIKEL

Gaya Hidup Rendah Kalori, Ini Variasi Makanannya

Menjaga bentuk tubuh ideal memang membutuhkan banyak usaha, selain berolahraga kamu juga harus menerapkan pola hidup yang sehat dengan menjalankan gaya hidup rendah kalori. Banyak yang mengira  menerapkan gaya hidup rendah kalori sangat sulit untuk dilakukan karena makanan yang rendah kalori biasanya memiliki citarasa yang kurang enak. Jangan salah, berikut ini beberapa makanan enak yang bisa kamu makan tetapi memiliki kadar kalori yang rendah.

  • Oatmeal

Oatmeal terbuat dari gandum utuh, mengandung karbohidrat kompleks dan tinggi serat. Oatmeal memiliki kadar kalori yang rendah, sekitar 140 kalori per saji (35 gram) untuk instant oatmeal. Kamu bisa menambah potongan buah untuk menambah citarasa dari oatmeal buatanmu. Selain rendah kalori, oatmeal juga dapat membantu menurunkan berat badan, menurunkan kadar kolesterol, dan meningkatkan control gula darah.1

  • Salmon

Salmon dikenal juga sebagai ikan yang kaya manfaat karena tinggi kandungan protein dan asam lemak omega 3 yang baik untuk tubuh. Walaupun ikan salmon termasuk hidangan laut, tetapi kandungan kalori dari ikan salmon ini tergolong rendah, sekitar 175 kalori untuk 85 gram.2 Jadi, kamu juga bisa mengonsumsi salmon saat menerapkan gaya hidup rendah kalori.

  • Sup sayuran

Sup yang berisi sayuran ini memiliki kadar kalori yang rendah, jadi aman untuk kamu konsumsi disaat menjalani gaya hidup rendah kalori. Selain itu, kamu juga bisa merasa kenyang lebih lama karena sayuran memiliki serat yang tinggi.

  • Popcorn

Siapa bilang menjalankan gaya hidup rendah kalori tidak boleh ngemil? Kamu bisa tetap ngemil popcorn seperti orang lain saat menonton film. Kamu bisa membuat popcorn sehat versi mu sendiri. Caranya panaskan ½ cangkir biji popcorn dengan 3 sdm minyak zaitun atau minyak kelapa, dan bumbui dengan ½ sdt garam.  Kamu perlu memperhatikan untuk mengurangi penggunaan butter, garam, atau gula di dalam popcorn yang kamu makan karena akan membuat kalori dari popcorn bertambah tinggi.

  • Salad

Salad yang dibuat dari campuran sayur dan buah ini juga memiliki kadar kalori yang rendah. Hebatnya, salad bisa membuat kamu kenyang lebih lama karena kandungan seratnya yang tinggi, juga lebih sehat karena mengandung vitamin dan mineral yang cukup lengkap. Biar salad buatanmu lebih sehat, sebaiknya kamu membatasi penggunaan topping dari salad yang kamu makan, terutama topping yang tinggi lemak, agar kalorinya tidak menjadi lebih tinggi. Atau kamu bisa membuat topping salad sendiri menggunakan minyak zaitun, perasan lemon, dan bumbu lain.

Selain makanan, minuman yang dikonsumsi juga termasuk bagian dari gaya hidup rendah kalori. ION WATER, minuman ion rendah kalori dari Pocari Sweat, bantu kamu penuhi asupan cairan. Dengan rasa ION WATER yang ringan dan menyegarkan, kamu tetap bisa menjaga cairan tubuh dan menjalani gaya hidup rendah kalori.

Bagaimana, siap untuk menerapkan gaya hidup rendah kalori dan tetap bisa mengonsumsi makanan enak?

  1. “9 Health Benefits of Eating Oats and Oatmeal”. Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/9-benefits-oats-oatmeal (accessed on 26 Sep 2018)
  2. Ware, M. “Salmon: Health benefits, facts, and research”. MedicalNewsToday. https://www.medicalnewstoday.com/articles/307811.php (accessed on 26 Sep 2018)