ARTIKEL

Diet Sehat untuk Pekerja Kantoran, Perhatikan Jadwal Makan

Pekerja kantoran punya tendensi bermasalah dengan pemilihan makanan, termasuk jadwal makannya. Inilah tips diet sehat untuk pekerja kantoran demi kesehatan tubuh yang lebih baik.

Ikan Tiga Kali Seminggu

Ikan dikenal kaya kandungan omega-3 yang bermanfaat melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Omega-3 juga berguna untuk mencegah penyakit jantung, menyehatkan otak dan sistem saraf. Ikan juga kaya akan protein dan rendah lemak jenuh.¹ Kita bisa menjadi ikan sebagai pilihan makan siang dengan berbagai cara penyajian. Misalnya sandwich tuna ditemani seporsi salad.

Jangan Mudah Tergoda Makanan Kantin

Kebanyakan kantor memiliki kantin yang menyajikan beragam menu makanan selama jam kerja berlangsung. Bahkan, ada pula manajemen kantor yang menyediakan makanan gratis untuk pegawainya.
Yang perlu diingat, tidak semua menu yang tersaji di sana baik untuk dikonsumsi. Teguhkan pendirian Anda untuk tidak mudah tergoda menu makanan di kantor. Sebagai gantinya, kita bisa membawa bekal sehat yang sudah disiapkan dari rumah.

Buah Sebagai Cemilan

Mungkin Anda termasuk orang yang tak bisa lepas dari cemilan walau saat berada di belakang meja kerja. Kini sudah saatnya mengganti cemilan olahan, seperti keripik kentang dengan pilihan yang lebih sehat, yaitu buah.
Kita bisa menikmati secara langsung ataupun dalam bentuk jus. Buah-buahan yang mudah ditemui, seperti jeruk, pisang, mangga dapat menjadi pilihan untuk membiasakan diet sehat ala pekerja kantoran ini.

Jangan Lupakan Serat

Individu yang duduk di depan layar komputer seharian dan mengonsumsi makanan rendah serat memiliki kecenderungan mengalami sembelit. Perlu diingat, hindari penggunaan obat-obatan – bahkan obat herbal sekalipun – untuk mengatasinya karena hal itu mengganggu gerakan alami lambung dan bisa berujung pada ketergantungan.
Sebenarnya, hal itu bisa diatasi dengan rajin mengonsumsi serat, seperti yang terdapat pada sayur mayur dan buah. Ditambah lagi cukupi asupan cairan selama Anda beraktivitas di kantor.

1. https://www.livestrong.com/article/422151-can-i-eat-fish-every-day-still-be-healthy/