ARTIKEL

5 Olahraga Efektif untuk Menurunkan Berat Badan

Memiliki berat badan ideal pastinya menjadi dambaan siapapun, tak heran kalau banyak orang yang mencari cara untuk menurunkan berat badan. Sayangnya masih banyak orang yang kesulitan untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Faktanya, untuk menurunkan berat badan, kalori yang keluar harus lebih banyak dari asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Banyak dari mereka hanya menahan rasa lapar demi menjaga asupan kalori dan makanan ke dalam tubuh. Selain menjaga asupan kalori, melakukan olahraga juga dapat membakar kalori dan bantu memaksimalkan penurunan berat badan jika lakukan secara rutin. Berikut ini ada lima olahraga yang efektif untuk menurunkan berat badanmu.

Lari
Lari jadi salah satu olahraga yang efektif untuk membantu membakar kalori dan menurunkan berat badanmu. Kamu bisa lakukan olahraga ini setiap hari selama 30 menit. Kalau dirasa berat, kamu bisa melakukannya bertahap, minimal tiga kali dalam seminggu sampai akhirnya kamu sanggup untuk lari minimal 30 menit setiap hari.

Renang
Selain menyenangkan, ternyata renang juga sanggup membakar kalori di dalam tubuhmu dan membantu penurunan berat badan. Pada wanita dengan berat badan 70 kg, berenang selama 30 menit membakar 223 kalori.¹ Kamu bisa berenang selama 30-60 menit secara rutin, dan lihat hasil yang akan diberikan.

Bersepeda
Kalau kamu tak terlalu suka dengan olahraga lari, kamu bisa melakukan olahraga bersepeda ini. Bersepeda juga bisa membantu kamu mendapatkan berat badan ideal. Kayuh sepeda dengan lambat selama 5-10 menit, kemudian tingkatkan kecepatannya. Lakukan olahraga ini selama 30-60 menit setiap hari, atau minimal 3-5 kali seminggu . Kalau kamu tak punya sepeda, kamu bisa datang ke pusat kebugaran dan mengayuh sepeda statis di sana. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum mulai bersepeda ya.

Senam Aerobik
Buat kamu yang suka bergerak aktif, senam aerobik ini bisa jadi pilihan untuk membantu kamu mendapatkan berat badan ideal. Senam aerobik dapat meningkatkan aliran darah ke otot serta jantung, dan meningkatkan kemampuan otot untuk membakar lemak. Gerakan-gerakan di senam aerobik ini dapat membakar banyak kalori di tubuhmu dengan cepat kalau dilakukan secara rutin.

Yoga
Siapa bilang yoga tidak bisa jadi olahraga yang efektif untuk menurunkan berat badan? Kenyataannya, yoga mampu membantu kamu menurunkan berat badan. Melakukan yoga selama 1 jam dapat membakar sekitar 298 kalori.² Selain membakar kalori, yoga juga dapat mengurangi stress dan membuat pikiran menjadi tenang, sehingga kamu dapat membatasi asupan makanan.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan, kamu bisa pilih salah satu olahraga di atas yang paling sesuai untukmu. Saat olahraga, keringat yang keluar dari dalam tubuh pasti meningkat dan kamu menjadi lemas karena dehidrasi. Keringat bukan hanya mengandung air tapi juga ION. Untuk itu, kamu bisa kembalikan cairan tubuh yang hilang dengan minuman yang mengandung ION dan rendah kalori agar tubuhmu tetap terhidrasi namun tetap bisa menjaga low calorie lifestyle kamu.

 

Sources:
1. https://www.webmd.com/fitness-exercise/guide/get-into-swimming#1
2. https://www.webmd.com/fitness-exercise/features/pilates-yoga-good-exercise