ARTIKEL

5 Makanan untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Memiliki bentuk dan berat badan ideal tentu tidak bisa didapatkan dengan mudah, jadi kamu perlu menjaganya agar kamu tetap memiliki tubuh yang sehat dan ideal. Selain dengan berolahraga secara rutin, kamu juga bisa menjaga berat badan dengan mengonsumsi makanan sehat. Berikut ini lima makanan sehat yang mampu menjaga berat badanmu agar tetap ideal.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan serat dan protein yang bisa membantu menjaga berat badan kamu tetap ideal. Penelitian menunjukan, mengonsumsi 2 porsi kacang-kacangan selama seminggu dapat mengurangi risiko kenaikan berat badan sebesar 31% dibandingkan yang jarang mengonsumsi kacang-kacangan.¹ Dengan mengonsumsi kacang-kacangan, rasa lapar akan berkurang dan kamu akan merasa kenyang lebih lama.Tapi tidak disarankan mengonsumsi kacang-kacangan yang digoreng atau diberi tambahan gula dan bumbu lain.

Semangka

Semangka kaya akan air yang bisa buat kamu merasa lebih kenyang tetapi rendah kalori. Semangka 1 potong sedang mengandung 25 kalori. Semangka juga mengandung vitamin C dan vitamin A yang baik untuk tubuhmu. Jadi semangka dapat menjadi alternatif cemilan untuk bantu menjaga berat badan tetap ideal.

Umbi-umbian

Umbi-umbian, misal ubi jalar, mengandung karbohidrat kompleks yang dicerna perlahan, sehingga membuat tidak cepat lapar. Kelompok umbi-umbian ini juga mengandung serat dan beragam vitamin seperti A, B, C, dan E yang bermanfaat untuk tubuh. Agar berat badan tetap ideal, kamu bisa mengolah umbi ini dengan cara yang benar seperti dikukus atau direbus.

Salmon

Ikan salmon ini dikenal kaya akan protein, asam lemak esensial , serta yodium yang penting untuk menjaga metabolisme tubuh tetap optimal.² Jadi, mengonsumsi ikan salmon ini bisa membantu kamu mempertahankan berat badan tetap ideal.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau banyak mengandung serat juga vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh, kalori dari sayuran ini juga rendah sehingga bisa menjaga berat badanmu tetap ideal. Kamu juga bisa mengombinasikan beberapa sayuran dan mengolahnya dengan cara yang benar, karena pengolahan yang salah, misal digoreng dengan tambahan tepung, malah bisa meningkatkan jumlah kalori dari sayuran hijau ini.

1. Bes‐Rastrollo, Maira, et al. “Nut consumption and weight gain in a Mediterranean cohort: The SUN study.” Obesity 15.1 (2007): 107-107.
2. https://www.healthline.com/nutrition/20-most-weight-loss-friendly-foods#section3