ARTIKEL

3 Keuntungan Menerapkan Pola Makan Sehat

Menjalani gaya hidup sehat ini sangat disarankan oleh banyak ahli karena dapat mewujudkan hidup yang lebih berkualitas sampai usia senja, salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menerapkan pola makan sehat. Pola makan merupakan perilaku paling penting yang dapat mempengaruhi status gizi dan kesehatan kita. Pola makan sehat merujuk pada konsumsi makanan yang mengandung semua unsur gizi seimbang sesuai kebutuhan tubuh, baik protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral dan cairan.

Namun sayangnya masih banyak orang yang enggan menjalankan pola makan yang sehat dengan alasan repot, lebih mahal, rasanya tidak enak, dan membosankan. Padahal makanan sehat ini akan banyak memberikan keuntungan untuk dirimu.

Berikut tiga keuntungan yang akan kamu dapat setelah menerapkan pola makan sehat secara rutin:

  1. Risiko Penyakit Kronis Berkurang

Banyak penyakit yang timbul akibat mengonsumsi makanan yang tidak sehat, menerapkan pola makan yang sehat akan membantu tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dan seimbang. Dengan menjalani pola makan sehat, kamu dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, diabetes, dan penyakit kronis lainnya.1

  1. Berat Badan Ideal

Bukan rahasia lagi jika jumlah kalori yang dikonsumsi akan mempengaruhi berat badan. Dengan menerapkan pola makan yang sehat, kalori yang diasup sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh dan makanan yang dikonsumsi juga bergizi seimbang. Ditambah dengan membuat buku harian makanan (food diary) yang dikonsumsi, penurunan berat badan bisa lebih banyak.2

  1. Panjang Umur

Tubuh kita dapat diibaratkan sebagai mesin, jika mesin diberi bahan bakar yang baik, tentu mesin akan lebih terawat dan tahan lama bukan? Nutrisi terbukti memiliki pengaruh terhadap tingkat kesakitan dan kematian.3

Hal yang tidak kalah penting dari pola makan sehat adalah asupan cairan. Jangan lupa untuk menjaga hidrasi kamu dengan minuman yang mengandung air dan ion karena tubuh kamu mengandung 60% cairan.

  1. National Institute of Health. US Department of Health &Human Services. “How Dietary Factors Influence Disease Risk” (2017).
  2. Kaiser Permanente. “Keeping A Food Diary Doubles Diet Weight Loss, Study Suggests.” ScienceDaily. https://www.sciencedaily.com/releases/2008/07/080708080738.htm (accessed on 26 Sep 2018)
  3. Chrysohoou, Christina, and Christodoulos Stefanadis. “Longevity and diet. Myth or pragmatism?.” Maturitas4 (2013): 303-307.